Hesty Ummi Wulandari, mahasiswa Pendidikan Matematika Angkatan 2020. Aktif dalam berorganisasi seperti menjadi Bendahara di organisasi KIM Reswara, penelitian bersama dosen, asisten dosen, menjadi tentor/pengajar matematika, dan lomba.

“Matematika adalah aspek budaya seperti halnya kumpulan algoritma “

– Carl Boyer

Matematika merupakan kumpulan algoritma artinya matematika adalah kumpulan cara memecahkan suatu permasalahan dengan tahapan-tahapan yang logis yang sudah diurutkan. Memecahkan suatu permasalahan yang dihadapinya sehari-hari memerlukan kemampuan berpikir matematis (Meltzer, 2002). Faktanya di lapangan menurut hasil penelitian Altiner dan Dogan (2018) menunjukkan bahwa kemampuan berpikir matematis masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan inovasi media pembelajaran yang kritis dan strategis, memberikan kesempatan pada siswa untuk dapat mengembangkan kemampuannya berpikir matematis.

Salah satu solusi alternatif yang dapat dilakukan dengan mengintegrasi budaya dan teknologi holographic.  Pembelajaran  matematika   berbasis   budaya   dapat   dijadikan media   bagi   siswa   untuk   mentransformasikan temuannya  ke  dalam  bentuk  dan  prinsip yang kreatif, perancangan pengalaman belajar, strategi penciptaan  lingkungan  belajar  yang  mengintegrasikan budaya sebagai bagian dari proses pembelajaran (Zulkarnain, 2020). Holographic adalah teknik yang memungkinkan tepi gelombang untuk direkam dan kemudian dibangun kembali untuk menghasilkan gambar 3D atau hologram (Wikipedia, 2022). Hologram ini dapat meningkatkan kemampuan visual matematis siswa (Lukman et al., 2020) sehingga meningkat pula proses berpikir matematis.

Adapun tampilan ACITYA disajikan dalam gambar berikut.

Gambar 1 ACITYA: Math Holographic Table

Pada gambar 1 merupakan design ACITYA yang akan memvisualisasikan hologram budaya dengan soal matematika, siswa/guru dapat menyelesaikan langsung di layar, dan kamera untuk mendeteksi. ACITYA adalah permukaan besar dan datar dengan sistem proyeksi tertanam dengan memproyeksikan objek yang terlihat seperti naik keluar dari permukaan meja hingga sekitar 1 meter. Ukuran 2.1m (6.8ft) x 2.1m, ketinggian 61.5cm (2ft), dan layarnya 1,2m (3,9 kaki) kali 1,2m.

Langkah Strategis dalam Implementasi ACITYA

Gambar 2. Langkah Strategis dalam Implementasi ACITYA

Daftar Pustaka

Altıner, E. Ç., & Doğan, M. C. 2018. Investigating the spatial reasoning skills of students in the context of mathematical thinking profiles. European Journal of Education Studies. 26– 38.

Lukman, A., Hairi, A. P., Rahmi, A., Fadli, A., Dongoran, S. B., & Nasution, A. A. 2020. Penerapan Media Pembelajaran Holo-Math (Hologram Mathematics) Dalam Meningkatkan Kemampuan Visual Matematis Siswa Di SMP Negeri 8 Percut Sei Tuan. Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2).

Meltzer, D. 2002. The Relationship between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Grains in Physic: A Possible “Hidden Variable” in Diagnostice Pretest Scores. American Jounal Physics. 70(12): 17.

Wikipedia. 2022. Holografi. id.wikipedia.org/wiki/Holografi. Diakses 23 Agustus 2022.

Zulkarnain, I., Suryaningsih, Y., & Noorbaiti, R. (2020). Laporan Pengabdian-Webinar Workshop Penyusunan Soal Matematika Berbasis Etnomatematika Berbantukan Media Daring Quizizz Bagi Guru Peserta MGMP Matematika MTs dan MA Kota Banjarmasin.