Ketua Gugus : Arif Widiyatmoko, S. Pd., M. Pd., Ph.D.

Anggota          :

  1. Prof. Dr. Ari Yuniastuti, M. Kes.
  2. Dr. Jumaeri, M. Si.
  3. Dr. Budi Astuti, M. Sc.
  4. Hery Sutarto, S. Pd., M.Pd.
  5. Devi Ajeng Efrilianda, S.Kom., M.Kom.

FMIPA sebagai bagian dari Universitas Negeri Semarang telah berupaya turut serta dalam membangun dan mengembangkan kerja sama nasional maupun internasional di bidang ke-MIPA-an. Di tingkat fakultas, segala bentuk kegiatan kerja sama ditugaskan kepada Gugus Kerja Sama yang saat ini berganti nama menjadi Gugus Kerja Sama dan Pengembang Bisnis (GKSBP). Gugus ini merupakan kepanjangan tangan fakultas dalam menjadlin kerja sama dengan institusi atau mitra baik dalam bentuk pengurusan naskah perjanjian kerja sama (PKS) atau Memorandum of Agreement (MoA) dan Implementasi Rencana Kerja Sama atau Implementation of Arrangement (IA).

Pergantian nama ini memberikan konsekuensi terhadap GKSBP yang tidak hanya sekedar bertugas dalam membantu mencari relasi dan menjalin mitra baru, tetapi juga mendukung upaya fakultas dalam meningkatkan income generating melalui skema kerja sama. Selain itu, peran GKSBP FMIPA saat ini sangat sentral dalam menyukseskan program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM), mengingat kedelapan program dari MBKM mewajibkan adanya sebuah kemitraan.

Anggota GKSBP terdiri dari perwakilan masing-masing jurusan di FMIPA UNNES. Di mana tiap jurusan diwakili oleh satu orang anggota. Masing-masing anggota ini diharapkan bisa berkontribusi dan menjadi motor penggerak bagi jurusannya. Tugas GKSBP FMIPA antara lain:

  1. Menjalin kerja sama dengan mitra baik dalam negeri maupun luar negeri, meliputi:
    1. Kerja sama dengan dunia usaha dunia industri.
    1. Kerja sama dengan pemerintah daerah.
    1. Kerja sama dengan pemerintah pusat / kementerian/ Lembaga / badan (BUMN).
    1. Kerja sama dengan perguruan tinggi / institusi / sekolah.
  2. Membangun pengembangan bisnis melalui skema kerja sama antara FMIPA dengan mitra.
  3. Membantu proses administrasi student/staff mobility dalam hal pengurusan surat sesneg.
  4. Bersama dengan jurusan melakukan monitoring mahasiswanya yang sedang mengikuti student mobility baik inbound maupun outbond.
  5. Bersama dengan jurusan melakukan monitoring stafnya yang sedang mengikuti staff mobility baik inbound maupun outbond.
  6. Mendokumentasikan naskah kerja sama ke dalam sistem kerja sama.