Pusat kajian ini akan mengkaji, mengeksplorasi, merekontruksi pengetahuan masyarakat  yang terkandung dalam budaya, etika, moral, dan nilai luhur suku bangsa dan kearifan lokal budaya bangsa Indonesia yang mengandung konsep ke-MIPA-an yang direkntruksi menjadi pengetahuan ilmiavh (Scientific Knowledge). Hasil rekontruksi pengetahuan ilmiah dikonseptualisasikan, divalidasi, didokumentasikan, dan diintegrasikan dalam perangkat pembelajaran MIPA. Pengembangan desain model, perndekatan, media pembelajran, perangkat pembelajaran dan alat evaluasi, serta kurikulum MIPA menjadi salah satu perhatian dalam pusat kajian ini. Pengujian efektivitas suatu “Produk inovatif” baik model pembelajaran, produk software, hardware yang telah dikembangkan dan diseminasikan menjadi bagian terpenting dari pusat kajian ini. Pusat kajian ini juga selalu adaptif dengan perkembangan dan tuntutan pada keadaan diskrupsi di saat ini, sehingga integrasi pembelajaran MIPA berbasis Etno-STEM dapat dpadukan dengan tuntutan pembelajaran di era abad 21 ini.

Ketua : Prof. Dr. Sudarmin, M. Si.            (email: sudarmin@mail.unnes.ac.id)

Wakil  : Prof. Dr. Sarwi, M. Si.

Roadmap Penelitian:

  • Tahun 2020 : Penelitian terkait penemuan landasan dasar untuk model model pembelajaran Etno-STEM/STEAM dalam bidang kajian ke-MIPA-an
  • Tahun 2021 : Penelitian mengenai Pengembangan Integrasi Model Pembelajaran bidang Ke-MIPA-an dengan Etbo-STEM/STEAM
  • Tahun 20222023 : Penelitian mengenai Penerapan prototipe  Model dan Perangkat Pembelajaran bidang Ke-MIPA-an dengan Etbo-STEM/STEAM
  • Tahun 2024 2025 : Desiminasi dari hasil  Model dan Perangkat Pembelajaran bidang Ke-MIPA-an dengan Etbo-STEM/STEAM

Kegiatan:

Tahun 2020

  1. Riset “Pengembangan model pembelajaran Etno-STEM pada uji  Bioaktivitas tanaman Taxus Sumtrana”;
  2. Webinar Pembelajaran Metabolit Sekunder pada Tanaman Hutan Tropis Melalui Model Pembelajaran Inkuiri dengan pendekatan Etno-STEM”, yang telah dihasilkan artikel terscopus Periodica.
  3. Publikasi  gagasan pikiran tentang “Konservasi Metabolit Sekunder pada Tanaman Hutan Tropis Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terintegrasi Etnosains dan STEM” pada Laman Web MIPA.
  4. Pengabdian kepada masyarakat tentang “ETNO-STEM dalam pembelajaran Kimia  pada kegiatan pelatihan Pembelajaran kimia Terintegrasi Etno-STEM  Pada Para Guru Kimia Semarang dan Kendal”, daring yang diikuti peserta se Indonesia.(Prof. Dr. Sudarmin, M.Si, Dr. Woro Sumarni, M.Si, dan Moderator Dr. Sigit Priatmoko, M.Si)