Pusat kajian ini mengkaji, mengeksplorasi, meneliti, dan mengembangkan potensi atsiri Indonesia yang memfokuskan pada upaya peningkatan produktivitas dan kualitas minyak atsiri sereh wangi, lemon grass, cengkeh, kayu manis, kayu putih, sirih, dan beberapa jenis tanaman atsiri lain melalui penyulingan yang efisien dan ramah lingkungan serta perbaikan kualitas bibit tanaman melalui Teknik Kultur Jaringan.

Isolasi dan identifikasi komponen atsiri serta transformasi katalitik menjadi fine chemical fragrance, parfum, flavour, dan senyawa medisinal diteliti secara mendalam aktivitas katalitik, mekanisme, kinetika, energetika, dan juga aktivitas senyawa yang dihasilkan. Aktivitas biologis yang dikaji dari produk turunan atsiri adalah sebagai insect repellent, antioksidan, antidepresan, anti aging, antibiotic, dan anti kanker.

Diversifikasi produk atsiri diarahkan untuk mengembangkan dan memproduksi minyak atsiri dan turunannya dalam bentuk nano material dan bioplastik melalui Teknik enkapsulasi, electrospinning dan polimerisasi. Produk yang dikembangkan adalah pembersih berbasis atsiri, insect rapellent, cinderamata atsiri, teh atsiri, dan feromon. Untuk menghasilkan produk telah dilakukan kerjasama dengan industri dan usaha kecil di sekitar Jawa Tengah.

Bidang pendidikan dan pariwisata pun menjadi perhatian pusat kajian dan telah bekerjasama dengan Rumah Atsiri di Tawangmangu.  Menghadapi kebijakan Kampus Merdeka Kemdikdud, sedang disiapkan Paket Magang Atsiri selama satu semester penuh yang memberi kesempatan mahasiswa Indonesia belajar dan mengembangkan keterampilan dalam budidaya, ekstraksi, analisis, membuat produk turunan, aromaterapi, kewirausahaan, dan pariwisata berbasis atsiri.

Ketua : Prof. Dr. Edy Cahyono, M. Si.                (email: edkim@mail.unnes.ac.id)

Wakil  : Samuel Budi Wardana, M.Si. Ph.D.

Roadmap Penelitian:

Kegiatan:

Tahun 2020

  1. Penelitian tentang Pengembangan mixer untuk produksi cinnamal tea
  2. Penelitian tentang Sintesis bioplastik atsiri
  3. Penelitian tentang Pengembangan aplikasi Atsiri-Augmented Reality
  4. Penelitian tentang Gel mosquito rappellent
  5. Webinar: Pengembangan Riset Atsiri (narasumber Prof Edy Cahyono)
  6. Pengabdian kepada Masyarakat tentang Pelatihan pembuatan produk berbasis atsiri di pondok Fadhlul Fadhlan